Silabus

SILABUS

 

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN     :   SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

MATA PELAJARAN                                :   BIOLOGI

KELAS / SEMESTER                              :  XII (Duabelas) / 2

ALOKASI WAKTU                                     :   9 × 45 menit

STANDAR KOMPETENSI                     :   4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber /Bahan/Alat

4.1     Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi

 

    Teori, prinsip, dan mekanisme evolusi

Teori-teori Evolusi

Faktor, petunjuk pendukung evolusi

 

 

          Melalui diskusi guru dan siswa Melakukan  kajian literatur, menemukan berbagai pendapat tentang teori evolusi dari beberapa ahli

Melalui diskusi kelompok Membandingkan berbagai teori evolusi dari beberapa ahli, menemukan persamaan dan perbedaan pandangan teori/yang dikemukakan

Melalui diskusi kelompok Melakukan kajian literatur mengenai perkembangan teori evolusi dengan browsing internet

Melalui diskusi kelompok Membandingkan teori evolusi menurut Lamarck, Weismann, dan Darwin. Pada handout

Melakukan kajian literatur yang didukung oleh gambar bukti-bukti evolusi berdasarkan pendapat seorang ahli, menemukan faktor dan petunjuk evolusi

       Menjelaskan berbagai teori evolusi.

Menjelaskan pokok pikiran teori evolusi Darwin

Menemukan persamaan dan perbedaan pandangan para ahli tentang teori evolusi.

Menjelaskan tahapan perkembangan teori evolusi, mulai teori Lamarck, teori Darwin, Teori Genetika, Neo-Darwinian, Teori Evolusi Modern

Menjelaskan perbandingan teori evolusi menurut Lamarck, Weismann, dan Darwin.

Menemuan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya teori evolusi

Jenis Tagihan :

Tugas  individu

Tugas makalah kelompok

Ulangan harian

Bentuk Instrumen :

Tes kemampuan berpikir kritis dan Pemahaman konsep

 

 

10 X 45’

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

Pratiwi, dkk. 2009, Biologi SMA Jilid 3 untuk kelas XII, Jakarta :Erlangga.

Samsuri, Istamar, dkk. 2009, Bilogi untuk SMA kelas XII     Semester 2, Jakarta : Erlangga

Sudjadi, Bagod, dkk. 2009. Biologi Sains dalam kehidupan kelas XII SMA Semester 2, Surabaya: Yudistira

Amin,M.2009.Jakarta:Bumi Aksara

Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler

Alat :

Komputer/Laptop, LCD, Makalah

Internet

Bahan :

Makalah/bahan presentasi

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mutasi dan Evolusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mekanisme Evolusi

          Melakukan diskusi tentang bukti-bukti dan petunjuk-petunjuk yang mendukung terjadinya evolusi berupa fosil, homologi, embriologi perbandingan

Melakukan simulasi seleksi alam secara berkelompok dapat menjelaskan proses seleksi alam

 

 

Melakukan kajian lieratur menemukan kaitan antara mutasi dan evolusi dengan menggunakan flas tentang sintesis protein dan menganalisis kaitan mutasi, genetika dengan proses evolusi dan mendeskripsikannya melalui diskusi kelompok

 

 

 

 

 

Mengkaji hukum Hardy-Weinberg dan menemukan prinsip-prinsip mekanisme terjadinya evolusi melalui kerja kelompok, dan menerpkan secara matematik

Mendiskusikan mekanisme evolusi sampai diperolehnya spesies baru (spesiasi)

 

 

Menyimpulkan bukti-bukti evolusi  dan petunjuk-petunjuk mendukung terjadinya evolusi pada handout

Menyimpulkan  seleksi alam dari kegiatan simulasi

 

 

 

 

Menjelaskan penyebab terjadinya evolusi.

Mendeskripsikan mutasi

Mejelaskan penyebab terjadinya mutasi.

Mendeskripsikan keterkaitan genetika, mutasi dan evolusi

Memberikan argumen antara keterkaitan mutasi dan evolusi

Memberikan argumen keterkaitan genetika, mutasi dan evolusi

 

 

Menjelaskan prinsip-prinsip dasar hukum Hardy-Weinberg

Menerapkan hukum hardy-Weinberg secara matematik

Mendiskusikan proses spesiasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jenis Tagihan :

Tugas  individu

Tugas makalah kelompok

Ulangan harian

Bentuk Instrumen :

LKS

Jenis Tagihan :

Tugas  individu

Tugas makalah kelompok

Ulangan harian

Bentuk Instrumen :

LKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
4.2     Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi

 

     Melakukan studi tentang evolusi

 

 

 

 

Mengkomunikan hasil studi

 

 

 

Memahami pohon evolusioner makhluk hidup

          Membuat analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler melalui kerja kelompok dari berbagai sumber literatur

Melakukan presentasi analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler secara berkelompok

Memahami pohon evolusioner makhluk hidup .

        Membuat analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler

Melakukan presentasi analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler secara berkelompok

Memahami pohon evolusioner makhluk hidup dengan menggunakan rangkaian sekuen DNA

Menyimpulkan tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler

Jenis Tagihan :

Tugas  individu

Tugas kelompok

Ulangan harian

 

 

Bentuk Instrumen :

LKS

 

4 X 45’ Sumber :

Pratiwi, dkk. 2009, Biologi SMA Jilid 3 untuk kelas XII, Jakarta :Erlangga.

Samsuri, Istamar, dkk. 2009, Bilogi untuk SMA kelas XII     Semester 2, Jakarta : Erlangga

Sudjadi, Bagod, dkk. 2009. Biologi Sains dalam kehidupan kelas XII SMA Semester 2, Surabaya: Yudistira

Amin,M.2009.Jakarta:Bumi Aksara

Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler

Alat :

Komputer/Laptop, LCD, Makalah

Internet

Bahan :

Makalah/bahan presentasi

 

4.3     Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi

 

     Kecenderungan baru teori evolusi

Teori asal-usul kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kecenderungan baru tentang evolusi

          Melakukan kajian literatur tentang teori asal-usul kehidupan

Melakukan diskusi tentang pandangan para ahli teori asal-usul kehidupan

Melakukan diskusi tentang pandangan para ahli teori asul-usul kehidupan untuk mendukung teori evolusi

 

 

 

 

 

Refleksi diri atas teori asal-usul kehidupan

 

Menyaksikan VCD Harun Yahya tentang pandangan teori Evolusi

 

Melalui diskusi membandingkan argumentasi Harun Yahya tentang teori Evolusi Darwin

        Menjelaskan asal-usul kehidupan di bumi secara ilmiah dari berbagai teori

Membandingkan cara pembuktian kebenaran ilmiah dan kebenaran agama

Menjelaskan asal usul kehidupan secara fisik, kimia dan biologi

Menyimpulkan bahwa pandangan-pandangan tersebut membuktikan bahwa kebenaran sains bersifat tentative.

 

 

Menilai kebenaran ilmiahnya mengenai asal-usul kehidupan

Menjelaskan perkembangan baru tentang perkembangan teori evolusi

Menjelaskan pandangan Harun Yahya tentang teori evolusi Darwin melalui diskusi kelompok

Jenis Tagihan :

Tugas  individu

Tugas kelompok

Ulangan harian

Bentuk Instrumen :

Tes kemampuan berpikir kritis dan Pemahaman konsep

 

 

 

 

4 X 45’ Sumber :

Pratiwi, dkk. 2009, Biologi SMA Jilid 3 untuk kelas XII, Jakarta :Erlangga.

Samsuri, Istamar, dkk. 2009, Bilogi untuk SMA kelas XII     Semester 2, Jakarta : Erlangga

Sudjadi, Bagod, dkk. 2009. Biologi Sains dalam kehidupan kelas XII SMA Semester 2, Surabaya: Yudistira

Amin,M.2009.Jakarta:Bumi Aksara

Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler

Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler

Alat :

Komputer/Laptop, LCD, Makalah

Internet

VCD Harun Yahya

Bahan :

Makalah/bahan presentasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: