Silabus
SILABUS
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : XII (Duabelas) / 2
ALOKASI WAKTU : 9 × 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Indikator |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber /Bahan/Alat |
4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
|
Teori, prinsip, dan mekanisme evolusi
Teori-teori Evolusi Faktor, petunjuk pendukung evolusi
|
Melalui diskusi guru dan siswa Melakukan kajian literatur, menemukan berbagai pendapat tentang teori evolusi dari beberapa ahli
Melalui diskusi kelompok Membandingkan berbagai teori evolusi dari beberapa ahli, menemukan persamaan dan perbedaan pandangan teori/yang dikemukakan Melalui diskusi kelompok Melakukan kajian literatur mengenai perkembangan teori evolusi dengan browsing internet Melalui diskusi kelompok Membandingkan teori evolusi menurut Lamarck, Weismann, dan Darwin. Pada handout Melakukan kajian literatur yang didukung oleh gambar bukti-bukti evolusi berdasarkan pendapat seorang ahli, menemukan faktor dan petunjuk evolusi |
Menjelaskan berbagai teori evolusi.
Menjelaskan pokok pikiran teori evolusi Darwin Menemukan persamaan dan perbedaan pandangan para ahli tentang teori evolusi. Menjelaskan tahapan perkembangan teori evolusi, mulai teori Lamarck, teori Darwin, Teori Genetika, Neo-Darwinian, Teori Evolusi Modern Menjelaskan perbandingan teori evolusi menurut Lamarck, Weismann, dan Darwin. Menemuan faktor-faktor dan petunjuk-petunjuk pendukung terjadinya teori evolusi |
Jenis Tagihan :
Tugas individu Tugas makalah kelompok Ulangan harian Bentuk Instrumen : Tes kemampuan berpikir kritis dan Pemahaman konsep
|
10 X 45’
|
Sumber :
Pratiwi, dkk. 2009, Biologi SMA Jilid 3 untuk kelas XII, Jakarta :Erlangga. Samsuri, Istamar, dkk. 2009, Bilogi untuk SMA kelas XII Semester 2, Jakarta : Erlangga Sudjadi, Bagod, dkk. 2009. Biologi Sains dalam kehidupan kelas XII SMA Semester 2, Surabaya: Yudistira Amin,M.2009.Jakarta:Bumi Aksara Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler Alat : Komputer/Laptop, LCD, Makalah Internet Bahan : Makalah/bahan presentasi
|
Mutasi dan Evolusi
Mekanisme Evolusi |
Melakukan diskusi tentang bukti-bukti dan petunjuk-petunjuk yang mendukung terjadinya evolusi berupa fosil, homologi, embriologi perbandingan
Melakukan simulasi seleksi alam secara berkelompok dapat menjelaskan proses seleksi alam
Melakukan kajian lieratur menemukan kaitan antara mutasi dan evolusi dengan menggunakan flas tentang sintesis protein dan menganalisis kaitan mutasi, genetika dengan proses evolusi dan mendeskripsikannya melalui diskusi kelompok
Mengkaji hukum Hardy-Weinberg dan menemukan prinsip-prinsip mekanisme terjadinya evolusi melalui kerja kelompok, dan menerpkan secara matematik Mendiskusikan mekanisme evolusi sampai diperolehnya spesies baru (spesiasi)
|
Menyimpulkan bukti-bukti evolusi dan petunjuk-petunjuk mendukung terjadinya evolusi pada handout Menyimpulkan seleksi alam dari kegiatan simulasi
Menjelaskan penyebab terjadinya evolusi. Mendeskripsikan mutasi Mejelaskan penyebab terjadinya mutasi. Mendeskripsikan keterkaitan genetika, mutasi dan evolusi Memberikan argumen antara keterkaitan mutasi dan evolusi Memberikan argumen keterkaitan genetika, mutasi dan evolusi
Menjelaskan prinsip-prinsip dasar hukum Hardy-Weinberg Menerapkan hukum hardy-Weinberg secara matematik Mendiskusikan proses spesiasi |
Jenis Tagihan : Tugas individu Tugas makalah kelompok Ulangan harian Bentuk Instrumen : LKS Jenis Tagihan : Tugas individu Tugas makalah kelompok Ulangan harian Bentuk Instrumen : LKS
|
|
||
4.2 Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
|
Melakukan studi tentang evolusi
Mengkomunikan hasil studi
Memahami pohon evolusioner makhluk hidup |
Membuat analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler melalui kerja kelompok dari berbagai sumber literatur
Melakukan presentasi analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler secara berkelompok Memahami pohon evolusioner makhluk hidup . |
Membuat analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler
Melakukan presentasi analisis kritis tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler secara berkelompok Memahami pohon evolusioner makhluk hidup dengan menggunakan rangkaian sekuen DNA Menyimpulkan tentang teori evolusi melalui pendekatan molekuler |
Jenis Tagihan :
Tugas individu Tugas kelompok Ulangan harian
Bentuk Instrumen : LKS
|
4 X 45’ | Sumber :
Pratiwi, dkk. 2009, Biologi SMA Jilid 3 untuk kelas XII, Jakarta :Erlangga. Samsuri, Istamar, dkk. 2009, Bilogi untuk SMA kelas XII Semester 2, Jakarta : Erlangga Sudjadi, Bagod, dkk. 2009. Biologi Sains dalam kehidupan kelas XII SMA Semester 2, Surabaya: Yudistira Amin,M.2009.Jakarta:Bumi Aksara Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler Alat : Komputer/Laptop, LCD, Makalah Internet Bahan : Makalah/bahan presentasi
|
4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
Kecenderungan baru teori evolusi
Teori asal-usul kehidupan
Kecenderungan baru tentang evolusi |
Melakukan kajian literatur tentang teori asal-usul kehidupan
Melakukan diskusi tentang pandangan para ahli teori asal-usul kehidupan Melakukan diskusi tentang pandangan para ahli teori asul-usul kehidupan untuk mendukung teori evolusi
Refleksi diri atas teori asal-usul kehidupan
Menyaksikan VCD Harun Yahya tentang pandangan teori Evolusi
Melalui diskusi membandingkan argumentasi Harun Yahya tentang teori Evolusi Darwin |
Menjelaskan asal-usul kehidupan di bumi secara ilmiah dari berbagai teori
Membandingkan cara pembuktian kebenaran ilmiah dan kebenaran agama Menjelaskan asal usul kehidupan secara fisik, kimia dan biologi Menyimpulkan bahwa pandangan-pandangan tersebut membuktikan bahwa kebenaran sains bersifat tentative.
Menilai kebenaran ilmiahnya mengenai asal-usul kehidupan Menjelaskan perkembangan baru tentang perkembangan teori evolusi Menjelaskan pandangan Harun Yahya tentang teori evolusi Darwin melalui diskusi kelompok |
Jenis Tagihan :
Tugas individu Tugas kelompok Ulangan harian Bentuk Instrumen : Tes kemampuan berpikir kritis dan Pemahaman konsep
|
4 X 45’ | Sumber :
Pratiwi, dkk. 2009, Biologi SMA Jilid 3 untuk kelas XII, Jakarta :Erlangga. Samsuri, Istamar, dkk. 2009, Bilogi untuk SMA kelas XII Semester 2, Jakarta : Erlangga Sudjadi, Bagod, dkk. 2009. Biologi Sains dalam kehidupan kelas XII SMA Semester 2, Surabaya: Yudistira Amin,M.2009.Jakarta:Bumi Aksara Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler Handout Teori Evolusi Berbasis Molekuler Alat : Komputer/Laptop, LCD, Makalah Internet VCD Harun Yahya Bahan : Makalah/bahan presentasi
|
Tinggalkan komentar
Comments 0