SELAMAT DATANG DI EVOLUSI BLOG

Assalamualaikum WR. WB.

  Wahyu Windari Guru Biologi SMA NEGERI 1 GIRI Banyuwangi.

Pujisyukur kami panjatkankehadirat Alloh SWT yang telahmelimpahkanrahmat, karuniadanhidayah-Nyakepada kami. Atas karuniaNya yang tak terhitung saya dapat menyelesaikan “Handout Teori Evolusi Molekuler”. Beribu-ribu rasa syukur kami haturkan pada Alloh SWT yang memberikan waktu dan kesempatan yang luas untuk menyelesaikan “Handout Teori  Evolusi  Berpendekatan Molekuler”.

Handout ini dapat dipergunakan sebagai pendamping buku-buku teks yang sudah ada. Handout ini dapat dipergunakan sebagai pengayaan untuk membantu mempelajari teori evolusi sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Handout ini dapat dipelajari dengan model eksplorasi, pengenalan konsep dan aplikasi konsep (EPA). Dimana eksplorasi akan membantu guru untuk mengetahui pengetahuan awal yang mendasari siswa untuk memulai mempelajari materi evolusi. Untuk pengenalan konsep, dijelaskan konsep ilmu biologi yang mendasari materi evolusi mulai dari teori evolusi yang pertama kali dicetuskan sampai perkembangan teori tersebut. Sedangkan aplikasi konsep membantu siswa semakin memperjelas teori tersebut sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.

Handout ini mempelajari bagaimana perkembangan teori evolusi sebelum darwin, masa Darwin dan sesudah Darwin. Artinya melalui handout ini teori evolusi dapat dijelaskan perkembangannya mulai abad ke-19 sampai abad ke-21, tentunya dengan segala kontroversinya. Handout ini juga menjelaskan bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat memberikan petunjuk adanya evolusi. Salah satu cabang ilmu biologi yang membantu untuk menunjukkan bukti-bukti evolusi adalah biologi molekuler.  Biologi molekuler setidaknya memberikan gambaran bahwa semua teori yang telah disampaikan sekecil apapun harus kita hargai. Jika waktu itu Darwin tidak mengenalkan teori, mungkin kontroversi ini tidak terbentuk. Padahal dengan kontroversi dapat memberikan pandangan baru yang dapat mendukung teori evolusi. Inilah kehidupan semakin banyak kontroversi, maka akan semakin berkembang teori tersebut. Teori evolusi buktinya!.

Walkumsalam WR. WB.

Posted on Oktober 6, 2012, in Silabus. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: